Terkuak! Alasan Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah, Kuning dan Hijau

Pustakanews.com - Lampu lalu lintas bukanlah hal yang asing bagi kita. Ketika kita duduk di bangku taman kanak-kanak sering sekali diajarkan arti warna lampu lintas. Seperti merah tanda berhenti, kuning berarti hati-hati, serta hijau tandanya boleh jalan.


Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa warna lalu lintas merah, kuning, hijau atau mengapa merah di bagian atas, kuning di tengah dan hijau di bawah?

Ternyata awal mula adanya lampu lalu lintas ialah ketika pekerja membutuhkan cara untuk memperingatkan adanya bahaya kereta api yang melintas di depannya. Dan agar masinis mengetahui kapan harus berhenti atau jalan.

Saat itu lampu merah digunakan untuk tanda berhenti, putih tanda boleh melaju, dan hijau tanda harus berhati-hati. Sayangnya, warna putih menimbulkan banyak masalah. Seorang masinis sering mengira warna putih ialah cahaya bulan atau bintang. Hal inilah yang menyebabkan tabrakan kereta terjadi.

Oleh karena itu, warna putih diganti dengan warna hijau yang menandakan boleh melaju. Sedangkan warna kuning dipilih untuk menandakan pengemudi harus berhati-hati, seperti yang dilansir yahoonews.


Subscribe to receive free email updates: