Anak Anda Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya

Pustakanews.com - Anak susah makan serta pilih-pilih makanan menjadi salah satu permasalan bagi setiap orangtua. Kendala ini paling terasa ketika anak masih berusia satu hingga tiga tahun. Biasanya anak susah makan terjadi karena jam makan terlewatkan sehingga mereka lebih senang bermain.


"Jadwal makan tidak teratur, anak hampir lapar malah jajan dan minum susu, hal ini yang membuat anak susah makan," ujar Psikolog anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani,s aat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Anna menyarankan hal pertama yang dilakukan agar anak tidak sulit makan ialah membuat jadwal makan yang teratur, biasakan anak makan tiga kali sehari. Selain itu, biaskan makan di meja makan bersama keluarga.

"Makan bersama keluarga akan membuat anak merasa hangat dan penuh perhatian. Jadi ia mudah makan," tambah Anna.

Sebaiknya janga terlalu sering jajan dan minum susu. Sebab, jika jajan terus-menerus jam lapar anak akan bergeser. Untuk minum susu usahakan diminum dua kali sehari atau diminum dua jam sebelum makan. "Dan, ketika anak sedang bermain, lalu datang jam untuk makan, sebaiknya Anda menyuapinya sambil anak bermain," papar Anna.


Subscribe to receive free email updates: