Selasa, 03 Januari 2017

5 Fitur Android ini Sebenarnya Sangat Berguna Tapi Jarang Digunakan





Pustakanews.com - Sistem operasi Android memang menjadi OS yang penuh dengan akses kustomisasi. Maka dari itulah, banyak yang tergila-gila dengan smartphone Android dibanding ponsel bersistem operasi lainnya. Namun, apa kamu tahu? Banyak fitur Android yang nggak kamu pakai meski itu sangat berguna loh.

Benar, sebenarnya ada banyak fitur Android yang berguna, namun kamu jarang memanfaatkannya sebagaimana mestinya. Kira-kira, fitur apa saja itu? Dalam artikel ini, Jaka akan membahas 5 fitur Android yang jarang kamu gunakan.

5 Fitur Android yang Jarang Digunakan Tapi Sebenarnya Sangat Berguna

1. Android Device Manager

fitur jarang digunakan 1

Apakah kamu pernah kehilangan smartphone Android kamu di suatu tempat? Ketika tahu ponsel kamu hilang, pasti kamu akan sangat panik dan stres. Tapi, kalau kamu tahu apa itu Android Device Manager, kamu pasti tidak terlalu panik deh.

Android Device Manager sendiri dibuat untuk sistem operasi Android 5.0 ke atas. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menemukan di mana perangkat kamu berada atau bahkan dapat menghapus data-data krusial sebagai keamanan.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal ke Settings > Security > Device administrator > aktifkan Android Device Manager.

2. User Accounts

fitur jarang digunakan 5

Pernah nggak ngerasain kamu numpang main HP sama orang lain? Kamu nggak mungkin dong bisa pakai semena-mena, apalagi pakai setiap aplikasinya. Maka dari itu, keuntungan Android yang paling mantab jiwa itu adalah kamu bisa menambahkan akun lagi untuk dijadikan sebuah profil baru.

Nah, nantinya dalam profil di smartphone tersebut, kamu dapat mengatur dan menginstal aplikasi apa pun tanpa perlu mengubah setelan awal di akun sebelumnya. Sayangnya, fitur ini berhenti pada sistem operasi Android 5.0 saja.

Untuk menggunakannya, kamu ke Settings > User > pilih Add user. Karena Jaka menggunakan smartphone Xiaomi, maka Jaka namanya menjadi Guest Mode.

3. Screen Pinning

fitur jarang digunakan 2

Pasti menyebalkan jika ada seseorang yang menggunakan smartphone kamu dan memeriksa setiap hal yang ada di ponsel. Maka dari itu, kamu harus melindunginya dengan baik dengan menggunakan fitur Screen Pinning. Apa itu?

Pada dasarnya, fitur ini akan membuat pengguna yang jahil hanya dapat membuka beberapa aplikasi tertentu saja. Bahkan, tombol Home, Back, dan Recent pun tidak responsif. Dengan begitu kamu bisa membatasi pengguna yang suka kepo saat buka-buka smartphone kamu.

Untuk menggunakannya, kamu ke Settings > Security > Screen Pinning dan aktifkan fitur itu. Selanjutnya, kamu buka aplikasi yang ingin kamu pin, terus tekan tombol Recent dan pilih ikon pin yang ada di sudut kanan bawah.

4. Smart Lock

fitur jarang digunakan 3

Terkadang, sebagai manusia kamu pasti masih khawatir apakah tingkat keamanan smartphone Android kamu sudah benar-benar baik atau tidak. Nah, jika tidak, kamu bisa menambahkan tingkat keamananmu melalui Smart Lock.

Ya, ini adalah kemanan tingkat lanjut yang merupakan bawaan Android. Kamu pun bisa menyesuaikannya dan mengatur apa saja yang sesuai untuk penggunaan kamu. Jadi, smartphone akan lebih mengenali suara, tempat, bahkan tubuh sekalipun.

Untuk menggunakannya, kamu ke harus aktifkan dulu kunci dengan mode Pattern atau Password. Kemudian, Settings > Trusted Agents > Smart Lock diaktifkan. Untuk kustomisasi, Settings > Smart Lock.

5. Notification Priority

fitur jarang digunakan 4

Untuk kamu yang sudah update atau punya smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, kamu akan lebih leluasa lagi mengutak-atik ponsel Android-mu. Sebab, Google sudah menyediakan lebih banyak fitur dan salah satunya adalah Notification Priority.

Apa itu? Begini, ketika kamu mendapatkan sebuah notifikasi dari aplikasi tertentu, maka notifikasi tersebut akan diprioritaskan dengan berada di posisi paling atas. Sehingga, kamu nggak perlu scroll jendela notifikasi kamu untuk mencarinya.

Untuk menggunakannya, kamu ke Settings > Apps > pilih salah satu aplikasi > pilih Notifications > aktifkan Priority.

Itu dia 5 fitur Android yang jarang dipakai tapi nyatanya sangat berguna buat kamu. Apakah kamu sudah ada yang menggunakan salah satu dari fitur smartphone Android di atas? Share ya biar yang lain juga tahu.

Sumber: jalantikus

Share ke Facebook
Share ke Twitter
Tags :

BACA JUGA :