Sabtu, 12 November 2016

LUAR BIASA!!! 5 Cara Paling Gokil Ngecas Smartphone Tanpa Listrik




Kehabisan baterai smartphone memang telah menjadi keluhan umum dalam kehidupan ber-smartphone zaman sekarang. Hal ini tak jarang membuat para pengguna smartphone kesal.

Selain mengisi ulang daya baterai menggunakan tenaga listrik atau menggunakan power bank saat tidak menemukan stop kontak atau sumber listrik. Tahukah kamu? Ternyata ada beberapa cara kreatif lain yang bisa menjadi alternatif dalam mengisi baterai ponsel.

Dilansir dari AndroidPit, berikut Jaka bahas cara mengisi ulang baterai smartphone dengan cara paling greget yang tidak biasa dan belum terbayang sebelumnya.

5 Cara Paling Greget Ngecas HP Tanpa Listrik


1. Menggunakan Suara

Baterai smartphone mulai habis? Isi ulang saja baterainya dengan ngobrol sama smartphone. Tak perlu repot lagi mencari stop kontak. Para insinyur di bidang elektro dari Sungkyunkwan University di Seoul, Korea Selatan, mengembangkan sebuah teknik baru yang bisa mengubah suara menjadi energi listrik. Jadi, baterai ponsel dapat di-charge saat kamu tengah berbicara menggunakan HP.

menggunakan suara

Teknologi ini juga dapat memanfaatkan suara latar untuk mengisi ulang baterai saat tidak sedang digunakan. Dari mulai suara musik hingga kebisingan lingkungan, bisa menjadi energi untuk ponsel. Suara 100 desibel atau setara dengan kebisingan lalu lintas, dapat menghasilkan 50 millivolt listrik.

Teknologi ini menggunakan seutas zinc oxide yang diselipkan di antara dua elektroda. Terdapat alat yang menyerap suara pada bagian atasnya dan akan bergetar saat ada suara yang diserapnya. Hal ini menyebabkan zinc oxide tertekan dan gerakan ini menghasilkan arus listrik yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

2. Menggunakan Crank Case atau Charger Engkol

crank case

Selain menggunakan suara, kamu dapat men-charge smartphone menggunakan crank case atau charger engkol. Ini merupakan sebuah charger yang mampu mengubah satu menit putaran tangan menjadi 30 detik pengisian baterai smartphone yang hampir habis.

Daya yang dihasilkan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, biasanya hanya 5 x 2,5 x 1 inci. Charger unik ini cocok digunakan untuk berbagai jenis smartphone. Tertarik?

3. Menggunakan Angin

Menggunakan angin

Selanjutnya kamu bisa charge smartphone menggunakan energi angin yakni disebut iFan. Alat ini menggunakan tenaga angin sebagai sumber daya pengisian baterainya yang memanfaatkan kipas PC dan mengubahnya menjadi wujud alat turbin angin. Satu hal yang menarik dari alat ini adalah bisa dikaitkan dengan sepeda.

Sayangnya, pengisian menggunakan alat ini membutuhkan waktu yang lama. Setidaknya perlu enam jam pengisian agar baterai kembali penuh. Namun, pengembangnya sendiri meyakinkan jika alat ini akan terus berkembang sehingga ada kemungkinan perubahan waktu pengisian menjadi lebih cepat.

4. Menggunakan Panas Tubuh

recharge-bag

Teknologi baru ini bisa mengumpulkan energi kinetik dan panas tubuh untuk mengisi ulang daya smartphone kamu. Entah itu sambil bergerak seperti menari, berjalan, bahkan tidur sekalipun.

Dinamakan Power Shorts dan Recharge Sleeping Bag. Power shorts berupa celana pendek denim dengan pengisi daya di kantung belakang. Dalam delapan jam alat ini mampu mengisi ulang smartphone yang cukup untuk membuat 24 menit panggilan.

power-pocket

Sementara sleeping bag adalah kasur tidur portabel dengan kantung depan pengisi daya. Sleeping bag malah lebih impresif, satu hari tidur akan menambah 11 jam masa hidup smartphone kamu.

Ketika tergencet atau berubah bentuk, zat yang terkandung dalam instrumen akan memungut energi kinetik dan mengubahnya menjadi tenaga untuk smartphone kamu. Suhu yang berubah dalam kain di sleeping bag juga membantu men-charge smartphone.

5. Menggunakan Buah dan Sayuran


Cara ini pasti tidak terbayang sebelumnya bukan? YouTuber Caleb Charland berhasil melakukan charge smartphone yakni Nokia Lumia 930 menggunakan energi dari buah dan sayuran.

Untuk mengisi smartphone dengan cara ini, kamu akan memerlukan tembok besar dengan 800 apel dan kentang dihubungkan satu sama lain dengan kabel seng dan tembaga. Sirkuit ini mampu menghasilkan arus listrik rata-rata dari 20 mAh atau sekitar 6V, sehingga cukup untuk charge smartphone.

Nah, itulah 5 cara alternatif untuk men-charge smartphone kamu. Mungkin saja akan berguna suatu saat nanti. Ngomong-ngomong, cara yang terakhir yakni menggunakan buah dan sayuran itu ternyata cuma sebuah iklan dari Microsoft. Jadi, jangan dipraktikkan ya!

Sumber: Jalantikus.com

Share ke Facebook
Share ke Twitter
Tags :

BACA JUGA :