Mitos atau Fakta? Mencabuti Rambut ber-Uban Malah Bikin Semakin Banyak?

Seiring dengan bertambahnya usia wajar memang bila akan muncul rambut yang memutih atau biasa dikenal dengan Rambut Uban. Namun masalah ini juga tak jarang dialami oleh mereka yang masih diusia muda dan terkadang bahkan menjadi masalah terlebih bagi kaum hawa.


Sebagian besar orang dalam menghadapi masalah uban ini cenderung langsung mencabut. Namun, tahukah kamu jika beredar mitos mencabut rambut uban malah akan membuat pertumbuhan mereka semakin banyak?

Seperti yang diterangkan oleh pakar kesehatan yang sekaligus bekerja sebagai penata rambut Ken Hon bahwa mencabuti uban cenderung merusak jaringan kulit rambut. Ia menerangkan bahwa metode semacam ini dapat merusak lapisan folikel yang membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak sehat.

Hal inilah yang nantinya juga dapat memicu masalah kerontokan pada rambut. Lantas bagaimana mengatasi masalah rambut beruban? Ken menambahkan jika ingin mengatasi masalah ini sebaiknya dilakukan dengan cara pewarnaan, tentu dengan bahan-bahan yang aman serta dilakukan dengan tepat.

Jadi Kesimpulanya, mencabut rambut uban memang tidak mempengaruhi munculnya rambut uban yang lain, namun hal ini tidak disarankan karena akan merusak lapisan folikel yang menghambat pertumbuhan rambut nantinya.

Bahkan dalam beberapa hadist nabi juga diterangkan terkait larangan untuk mencabut uban, seperti

“Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Tentu anda sendiri tidak mau bukan mengalami masalah kerontokan rambut akibat uban?


Subscribe to receive free email updates: